Berita

PDI Perjuangan Siapkan Bantuan Hukum untuk Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

Minggu, 28 Februari 2021 - 11:50
PDI Perjuangan Siapkan Bantuan Hukum untuk Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. (FOTO: JawaPos)

TIMES AMBON, JAKARTA – Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, mengatakan pihaknya akan memberikan bantuan advokasi kepada Gubernur Sulawesi Selatan (Gubernur Sulsel), Nurdin Abdullah dalam menghadapi proses hukum pasca terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK RI.

Kata Hasto, pihaknya terus mengikuti perkembangan proses hukum terhadap Nurdin, termasuk menunggu keterangan resmi dari KPK. Di sisi lain, sepengetahuan pihaknya, Nurdin adalah orang baik, sosok yang dekat dengan petani. 

"Beliau adalah sosok yang mendalami ilmu-ilmu pertanian dan betul-betul mendedikasikan diri bagi kepentingan masyarakat. Sehingga kami sangat kaget atas kejadian tersebut," kata Hasto.

Hal itu disampaikannya saat menjawab pertanyaan wartawan di sela acara 'Gowes Bareng PDI Perjuangan', di Kawasan Monas, Jakarta, Minggu (28/2/2021).

Ditegaskan Hasto, partai politik, termasuk PDI Perjuangan, memang tidak boleh intervensi hukum. Namun pihaknya tentu saja akan melakukan berbagai hal yang terkait advokasi. Tindakan ini akan menunggu keterangan secara lengkap dari KPK RI terlebih dahulu.

"Tetapi pada prinsipnya melihat kepemimpinan beliau, masukan yang diberikan dari jajaran DPD PDI Perjuangan Sulawesi Selatan, agar partai memberikan advokasi. Untuk itu, kami masih menunggu perkembangan lebih lanjut terkait hal tersebut," kata Hasto.

Menyangkut sisa masa jabatan gubernur yang masih sekitar 3 tahun, Hasto mengatakan pihakya sama sekali tak berpikir ke arah sana. Sampai sejauh ini, Hasto mengakui pihaknya masih belum bisa lepas dari rasa syok serta kaget. Rekam jejak Nurdin yang sangat baik tetap membuat pihaknya seakan belum percaya dengan apa yang sedang terjadi.

"Karena beliau rekam jejaknya kan' sangat baik. Apakah ini ada faktor x yang kami belum ketahui, kami masih menunggu penjelasan lebih lanjut dari KPK," tuturnya.

"Saya pikir itu suatu sikap yang berada dalam koridor ketaatan kami pada proses hukum tanpa intervensi politik," imbuh Hasto Kristiyanto, Sekjen PDI Perjuangan terkait bantuan hukum untuk Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.(*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ambon just now

Welcome to TIMES Ambon

TIMES Ambon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.