Berita

Dewas KPK RI dan Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar Tutup Usia

Minggu, 28 Februari 2021 - 15:43
Dewas KPK RI dan Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar Tutup Usia Dewas KPK RI dan mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar. (foto: Antara foto)

TIMES AMBON, JAKARTA – Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK RI) dan mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar tutup usia.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud Md melalui akun Twitter-nya @mohmahfudmd. Artidjo Alkostar meninggal pada siang tadi.

"Kita ditinggalkan lagi oleh seorang tokoh penegak hukum yang penuh integritas. Mantan hakim agung Artidjo Alkostar yang kini menjabat sebagai salah seorang anggota Dewan Pengawas KPK telah wafat siang ini. Inna lillah wainna ilaihi raji'un. Allahumma ighfir lahu," tulis Mahfud Md di twitter, Minggu (28/1/2021).

Dalam cuitannya, Mahfud menyebut Artidjo adalah hakim agung yang dijuluki algojo oleh para koruptor.

"Dia tidak ragu menjatuhkan hukuman berat kepada para koruptor tanpa peduli pada peta kekuatan dan backup politik," tulisnya.

Artidjo Alkostar lahir di Situbondo, Jawa Timur pada 22 Mei 1948. Gelar sarjana diperolehnya dari Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta pada 1976. 

Ia mengabdikan diri menjadi dosen di universitas yang sama dan menjadi advokat di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta sejak 1976-2000. Pada 1989 Artidjo dipilih menjadi Direktur LBH Yogyakarta 

Ia menempuh pendidikan S-2 di Fakultas Hukum Nortwestern University Chicago, AS, dan lulus pada 2002. Artidjo melanjutkan studi S-3 di Universitas Diponegoro Semarang dan meraih Doktor Ilmu Hukum pada 2007.

Pulang dari Amerika , ia mendirikan kantor hukum Artidjo Alkostar and Associates hingga kantor itu harus ditutup pada tahun 2000, karena diminta menjadi Hakim Agung di Mahkamah Agung RI.

Artidjo menjadi Hakim Agung selama 14 tahun. Ia juga dipilih menjadi Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung sejak 2014. Artidjo purnatugas dari MA pada 22 Mei 2018.  Sebanyak 19.483 perkara sudah ditangani sepanjang karirnya. Pada Desember 2019, Artidjo Alkostar mengucapkan sumpah menjadi anggota Dewas KPK RI. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ambon just now

Welcome to TIMES Ambon

TIMES Ambon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.