Berita

Bupati Bandung Berharap Apkasi Lahirkan Inovasi Atasi Pandemi

Minggu, 20 Juni 2021 - 15:52
Bupati Bandung Berharap Apkasi Lahirkan Inovasi Atasi Pandemi Bupati Bandung Dadang Supriatna bersama Mendagri Tito Karnavian saat Rakernas Apkasi di Nusa Dua Convention Center, Badung, Bali, Sabtu (19/6/21). (FOTO: Humas Pemkab for TIMES Indonesia)

TIMES AMBON, BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna berharap kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) tahun 2021, menjadi momentum upaya daerah dalam menanggulangi pandemi covid-19. 

Rakernas ke-13 yang digelar di Nusa Dua Convention Center, Badung, Bali, Sabtu (19/6/21) itu, dihadiri kepala daerah kabupaten se Indonesia.

"Pandemi sudah berlangsung di Indonesia hampir 1,5 tahun lamanya. Dengan digelarnya rakernas ini, kita harapkan muncul suatu inovasi yang dapat mempercepat penanganan Covid-19, khususnya di wilayah kabupaten termasuk Bandung," ucap Bupati Dadang Supriatna.

Bupati Bandung mengapresiasi harapan-harapan yang disampaikan dalam acara tersebut. Menurutnya, itu akan menambah semangat pemulihan ekonomi di masa pandemi. 

Rapat Kerja Nasional apkasi 2

"Saat ini memang kami tengah memikirkan, bagaimana mengambil langkah-langkah cepat untuk menyelesaikan masalah ini. Sehingga ekonomi bisa pulih dan pandemi segera menghilang," kata Kang DS, sapaan akrab bupati.

Sebelum gelaran rakernas, di tempat yang sama juga dilakukan pengukuhan ketua dan pengurus Apkasi periode 2021-2026.

"Saya melihat bahwa kepengurusan yang baru ini, akan memberikan suatu pencerahan dan suatu gambaran untuk perbaikan pembangunan, khususnya di Kabupaten Bandung," tutur Kang DS.

Sementara itu Ketua Umum Apkasi terpilih masa bakti 2021-2026, yaitu Bupati Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, kepengurusan Apkasi disusun sesuai dengan kebutuhan organisasi dalam rangka mendukung program-program pusat.

"Sebagai kepanjangan tangan Apkasi, dibentuk juga koordinator di tingkat wilayah provinsi di Tanah Air atau yang disebut korwil (koordinator wilayah). Dalam kepengurusan Apkasi masa bakti 2021-2026, sebanyak 114 orang dari 416 kabupaten di Indonesia," terang Sutan Riska.

Rapat Kerja Nasional apkasi 3

Pandemi yang masih berlangsung, bahkan terjadi peningkatan kasus dan muncul varian baru Covid-19 di sejumlah wilayah tambahnya membuat pemerintah daerah harus meningkatkan intensitas testing, tracing dan treatment.

"Selain itu seluruh pemerintah daerah, khususnya kabupaten, harus bersinergi dalam mengawal dan memantau program vaksinasi. Pendekatan rural, melalui optimalisasi satgas Covid-19 di tingkat desa, juga merupakan langkah yang harus gencar dilakukan," Ketua Umum Apkasi terpilih. (*)

Pewarta : Iwa Ahmad Sugriwa
Editor : Ahmad Sugriwa
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ambon just now

Welcome to TIMES Ambon

TIMES Ambon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.