Wisata

Berburu Tanaman Hias di Agro Bazar Ramadhan Jetos, Rice and Salt Tawarkan Ragam Jenis Tanaman

Kamis, 06 Mei 2021 - 22:20
Berburu Tanaman Hias di Agro Bazar Ramadhan Jetos, Rice and Salt Tawarkan Ragam Jenis Tanaman Pengunjung Agro Bazar Ramadhan berburu tanaman hias di Rice and Salt. (Foto: Rice and Salt for TIMES Indonesia)

TIMES AMBON, JEMBER – Jember Town Square (Jetos), mengadakan Agro Bazar Ramadhan, sebuah event tanaman hias terbesar di Jember yang digelar mulai 1 - 8 Mei 2021. Dalam gelaran acara tersebut, banyak berjejer stand tanaman hias yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Rice and Salt. 

Alvian Parahita, pemilik Rice and Salt mengatakan, kegemarannya terhadap tanaman hias dimulai sejak lama.

Agro Bazar Ramadhan 2

Namun, ia berinisiatif untuk memulai bisnis itu dan sudah berjalan kurang lebih 3 bulan. 

"Saya sudah lama di dunia bunga tetapi untuk bisnisnya baru 3 bulan ini," ujar Vian sapaan akrabnya kepada TIMES Indonesia pada saat di jumpai di stand Agro Bazar Ramadhan, Kamis (6/5/2021).

Pemuda kelahiran Bandung yang berdomisili di Jember ini menjual berbagai jenis tanaman dari harga yang paling murah hingga yang termahal. Semuanya ia pamerkan dalam gelaran acara tersebut. 

"Kalau di sini harga paling murah ada mulai dari Rp 10 ribu sampai Rp 4 juta juga ada," ucap Vian. 

Nilai tanaman hias sendiri bergantung pada bentuk, tingkat kelangkaan, tingkat kesulitan tumbuh serta perawatannya, dan faktor-faktor lainnya.

Sejumlah tanaman bahkan bisa dibandrol dengan harga mencapai ratusan juta Rupiah.

"Kami menentukan harga itu pertama rare maksudnya itu ketika tanaman itu tumbuhnya lama, satu daun bisa satu tahun ditambah lagi permintaan banyak akhirnya harganya semakin mahal karena sudah dapetinnya. Kedua, tanaman itu memang tanamannya susah perawatan. Yang ketiga trending," imbuhnya. 

Agro Bazar Ramadhan 3

Ragam tanaman mulai dari sansivera, aglonema, philodendron, alocasia, hingga monstera adansonii variegate atau yang disebut juga janda bolong menjadi incaran banyak masyarakat yang berkunjung.

Selain menawarkan beragam jenis tanaman, Vian juga meyakinkan bahwa tanaman tidak hanya sebagai obyek tetapi sebagai subyek yang punya peran di kehidupan.

"Dari jenis tanaman beragam, tapi saya berani jamin kalau tanaman di sini bisa ke ranah yang lebih keren. Mulai dari branding packaging terus branding Instagram. Paling tidak orang melihat tanaman bukan hanya sebagai obyek tetapi sebagai subyek yang punya peran di kehidupan," tuturnya. 

"Tujuan utama saya berharap bisa explore, di luar negeri tanaman harga Rp 10 ribu lebih dihargai daripada di sini. Contohnya tanaman lidah mertua yang di sini saya jual hanya Rp 10 ribu kalau di Amazon bisa dihargai dari 15 - 20 Dollar," pungkasnya.

Untuk diketahui, Jember Town Square (Jetos), mengadakan Agro Bazar Ramadhan, sebuah event tanaman hias terbesar di Jember yang digelar mulai 1 - 8 Mei 2021. Salah satu peserta yakni Rice and Salt yang menjual berbagai macam tanaman hias. (*)

Pewarta : Arip Ripaldi (MG-359)
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Ambon just now

Welcome to TIMES Ambon

TIMES Ambon is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.